sas.lantip.info

Migrasi Domain salman.or.id ke lantip.info

by salman

Setelah kebijakan PANDI yang mendelegasikan wewenang operasional ke pihak swasta, muncul hal-hal baru. Ada subdomain-subdomain baru seperti my.id, biz.id, dan desa.id. Dan tentu saja prasyarat serta skema pembiayaan yang baru. Kebijakan ini diambil dengan alasan untuk memperbaiki layanan terhadap pengguna domain .id.

Dulu saya lebih senang menggunakan domain .id, karena lebih terasa ‘nasionalisme’-nya. Dengan biaya pendaftaran relatif murah dibanding domain global.   Saya mendaftar domain tingkat dua or.id, karena saat itu diperuntukkan untuk personal dan lembaga-lembaga swasta. Saat itu untuk mendaftar domain cukup dengan mengirim email dengan format tertentu ke sebuah alamat email untuk pendaftaran.

Domain saya salman.or.id yang sudah saya pakai sejak tahun 2002 dengan terpaksa akan saya lepas, saat habis masa berlakunya pada bulan september atau awal oktober tahun 2013.  Subdomain or.id mengharuskan melengkapi dokumen-dokumen yang menurut saya sungguh merepotkan, dan tidak ada keuntungan sama sekali untuk terus saya gunakan. Apalagi dari segi biaya pendaftaran juga tidak terlalu jauh berbeda dengan domain2 global semacam .com, .net, .org, dan teman-temannya. Malah beberapa subdomain .id, seperti my.id, biz.id, dan co.id lebih mahal dibanding domain global.

Sudah terbayang kesulitan ketika proses perpindahan dari PANDI ke registrar .id, diakhiri dengan ditolaknya perpanjangan domain saya ini. Karena ketentuan baru mengharuskan domain or.id harus ada surat sebuah organisasi, meski bersifat internal. Sebenarnya bisa saja dibuat surat keterangan abal-abal, tapi buat apa lah bersibuk-sibuk ria seperti itu.

Setelah ada email pemberitahuan akan habisnya masa berlaku domain salman.or.id, saya perlu waktu sebulan untuk memutuskan. Diperpanjang atau tidak digunakan dan dibiarkan kadaluarsa. Dengan pertimbangan prasyarat yang diperlukan dan kemungkinan ditolak serta niatan untuk lebih mendayagunakan domain-domain yang saya miliki, maka saya putuskan untuk tidak memperpanjang domain salman.or.id. Sebagai penggantinya saya telah mendaftar domain lantip.info. Memang di awal proses ini saya jadi mempunyai banyak pekerjaan rumah untuk memigrasikan domain, server, dan aplikasi yang diwakilinya. Mengirim email pemberitahuan kepada kontak-kontak yang sudah sering berkomunikasi dengan alamat email lama.

Beberapa domain lain juga tidak akan saya perpanjang seperti idrbl.com. Semua kegiatan akan di arahkan menggunakan domain yang baru didaftarkan ini. Sedangkan domain untuk proses development akan diarahkan ke krypton.info.tm dan lantip.biz.tm, kedengaran lebih menarik bukan?

Semoga membawa banyak manfaat, bagi diri sendiri ataupun khalayak ramai.

Merdeka!