sas.lantip.info

Mengatur Setelan Waktu Server dengan NTP Server

by salman

Setelan waktu sebuah server sangat penting untuk operasional aplikasi-aplikasi komputer yang sangat mengandalkan waktu ini. Sebagai contoh, aplikasi absensi, aplikasi transaksi, layanan email, dan sebagainya.
Di dalam hardware komputer, terdapat sebuah chip yang menyala terus menerus untuk menyimpan setelan waktu ini. Chip ini menghitung terus detak waktu dan menyimpannya. Oleh karena itu pada setiap motherboard selalu ada battery kecil, yang cukup untuk menjalankan fungsi chip tersebut. Bila battery habis, maka setelan yang disimpan dalam chip tersebut akan hilang setiap kali power supply diputus/dimatikan.

Selain diupdate secara manual dari program BIOS sebelum sistem operasi berjalan, dalam sistem operasi GNU/Linux proses menyetel waktu juga bisa dilakukan setelah sistem operasi digelar dalam Randong Access Memory (RAM).

Ada beberapa software untuk mengupdate waktu komputer berdasarkan server waktu, diantaranya adalah:

  • rdate
  • ntpdate
  • ntpdate-debian

Untuk mengeset waktu bisa dilakukan dengan perintah seperti ini:

mail:~# rdate 0.debian.pool.ntp.org
Tue 12 Aug 2008 03:21:05 AM WIT

atau

mail:~# ntpdate-debian 12 Aug 03:23:58 ntpdate[18746]:
adjust time server 202.152.241.82 offset 0.255059 sec

Agar perintah ini dijalankan sekali sehari bisa dimasukkan dalam cron job administrator sistem. Jalankan perintah untuk mengedit cron job.

mail:~# crontab -e

Kemudian tambahkan baris berikut:

0 0 * * * /usr/sbin/ntpdate-debian

Artinya setiap menit ke-0 pada jam ke-0 akan dijalankan perintah ‘ntpdate-debian’ yang terletak di direktori ‘/usr/sbin/’.

Ternyata cara seperti di atas akan menimbulkan masalah bagi piranti lunak dovecot. dovecot akan menghentikan diri sendiri jika mendeteksi ada perbedaan waktu yang cukup besar. Atau dengan kata lain jika ada “lompatan waktu server”, maka dovecot akan berhenti.

Alternatifnya adalah menjalankan program ntpd. Program ini akan berjalan sebagai service. Cara kerjanya adalah dengan mempercepat dan memperlambat waktu sistem agar sinkron dengan server waktu yang telah ditunjuk.

# apt-get install openntpd
# /etc/init.d/openntpd start

Referensi saya ambil dari: http://www.debian.org/doc/manuals/system-administrator/ch-sysadmin-time.html

Thats all, Thanks!